Between “to know yourself” or “to know anyone else”

This note is originally posted on my facebook, on Tuesday, 25 August 2009 at 23:31

It’s hard to figure this out…

For me, especially…

A simple question but in a deep thought…

Mengenali diri sendiri?

Sulit…

Bagi saya sendiri itu sangatlah sulit…

Kadang saya sendiri tidak mengerti apa maksud dari semua tingkah laku saya, apa keinginan saya sebenarnya, perasaan yang tiba-tiba bisa berubah sewaktu-waktu, dan semua hal tentang saya dan pemikiran-pemikirannya…

Kenapa sulit ya?

Padahal badan ya badan sendiri, otak ya otak sendiri…

But, still… it’s hard enough for me..

Justru, saya merasa lebih mudah untuk menilai orang lain…

lebih mudah untuk men-judge orang lain…

lebih mudah untuk memberi nasihat-nasihat yang orang lain minta,

lebih mudah mengenali mereka melalui obrolan-obrolan renyah sampai bincang-bincang yang cukup berat mengenai kehidupan…

lebih mudah untuk memberi saran pada mereka untuk melakukan ini itu…

Segala kemudahan yang sering kali menjadi kesulitan untuk saya lakukan sendiri…

Segala penilaian orang lain terhadap diri saya yang juga tidak mudah untuk saya terima…

Segala obrolan dan pendapat mereka yang cukup membuat saya berpikir untuk membantah…

Segala teori, saran, dan nasihat yang kadang saya sendiri sulit untuk jalani…

Segalanya seperti bumerang…

Apa semua juga pernah merasakan hal yang sama dengan yang saya rasakan?

Sometimes i feel i’m the only one who have this stupid thought

haha

In my own opinion,

Saya lebih senang dan lebih merasa diuntungkan dan bersyukur apabila dapat mengenali diri sendiri dulu dengan benar dan tepat dibandingkan harus mengenali orang lain demi kemudahan hidup melalui mereka yang memberi kita arti kehidupan…

Memang, we need them, we need to know them…

we need to know ourself and we can’t deny that sometimes we know it from them…

Justru itu sering terjadi, penilaian-penilaian mereka yang tidak kita sadari lah yang membangun karakter kita…

Mereka, keluarga, sahabat, guru, dosen, siapapun, bahkan orang yang baru saja kita temui? (well, sometimes ‘don’t judge the book from the cover’ tidak berlaku… ‘first impression’ memang sangat berpengaruh, tidak dapat disangkal lagi), dan yang saya akui saya suka lakukan, yaitu dari quiz-quiz di facebook…haha

Tapi saya ingin mengenali diri sendiri dulu sehingga dapat melakukan tindakan-tindakan yang lebih tepat, dan menjadi ‘lebih saya’…

One thought on “Between “to know yourself” or “to know anyone else”

Leave a Reply

